Xiaomi, Oppo, Vivo Sudah Jajal OS Pengganti Android Buatan Huawei

Posted on

Huawei yg kehilangan lisensi Android, mengembangkan HongMeng sebagai sistem operasi pengganti. Tak cuma Huawei, vendor smartphone yang berasal China lainnya yakni Xiaomi, Oppo dan Vivo turut coba sistem operasi ini.

Menurut kabar, Huawei kini tengah gencar mengujicoba HongMeng yg konon mulai dirilis pada tahun ini. Dalam uji mencoba tersebut, Xiaomi, Oppo dan Vivo juga mengirimkan tim internal buat ikut merasakan sistem operasi tersebut.

Hasilnya, sistem operasi HongMeng ini diklaim mampu mendongkrak performa ponsel 60 persen lebih cepat dibandingkan seandainya memakai OS Android.

Dikutip Tekno dari Global Times, Jumat (14/6/2019), dalam pengembangan sistem operasi ini Huawei tidak bekerja sendirian. Selain bekerja dengan Xiaomi, Oppo dan Vivo, Huawei juga menggandeng Tencent buat turut meningkatkan kinerja OS HongMeng.

Baca juga: Huawei Siapkan Hongmeng bagi Pengganti Android

Sayangnya baik Tencent maupun Xiaomi, menolak bagi berkomentar terkait kabar tersebut. 

Huawei sendiri mempercepat pembuatan sistem operasi ini setelah pemerintah Amerika Serikat memasukkan nama Huawei ke dalam daftar bernama “entity list”.

Perusahaan yg masuk dalam daftar tersebut tak diperkenankan membeli komponen dalam bentuk software dan hardware ke perusahaan yang berasal AS, tanpa seizin pemerintah AS.