Xiaomi Kalahkan OPPO Dan Vivo Di Indonesia

Posted on

Jakarta – Berdasarkan data firma riset pasar IDC buat pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua (Q2) 2018, Xiaomi berhasil berada di posisi kedua, mengalahkan OPPO dan Vivo.

Posisi pertama masih diduduki Samsung dengan pangsa pasar 27 persen, selanjutnya diikuti Xiaomi dengan 25 persen, dulu OPPO dengan 18 persen, kemudian Vivo dengan 9 persen, dan Advan menutup lima besar dengan 6 persen.

“Xiaomi sebagai ‘kuda hitam’ yg sudah melewati berbagai tantangan pertumbuhan di masa dahulu dan berhasil menduduki posisi kedua pengiriman smartphone terbesar di Indonesia,” ujar Risky Febrian, Market Analyst IDC Indonesia, dalam informasi tertulisnya.

Sementara itu, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit pada Q2 2018, dengan pertumbuhan sebesar 22 persen dari kuartal sebelumnya dan 18 persen dibandingkan dengan periode yg sama pada tahun lalu.

Hal tersebut menjadikan pengiriman pada kuartal ini menjadi tertinggi di Indonesia.

Pencapaian ini disebabkan oleh besarnya pertumbuhan pengiriman smartphone Xiaomi –dari 3 persen pada Q2 2017 menjadi 25 persen pada Q2 2018.

Keberhasilan Xiaomi itu, menurut Risky, dikarenakan strategi mereka yg melakukan kegiatan pemasaran jauh lebih sederhana dari para kompetitornya, OPPO dan Vivo.