Vlog: Canggihnya Kecerdasan Buatan Mendeteksi Mobil Hingga Senjata

Posted on

category

SHANGHAI, -Perusahaan yang berasal China Huawei selalu mengembangkan teknologi cloud berbasis artificial intelligent ( AI). Dalam perhelatan Huawei Connect 2017 di Shanghai, China, yg dilaksanakan 4 – 7 September 2017 lalu, Huawei pun memperlihatkan dua teknologi itu.

Beberapa di antaranya adalah platform kamera pendeteksi objek. Mulai dari orang, atribut pada orang, benda, pelat nomor mobil hingga senjata berbahaya. Meskipun bukanlah terbilang baru, namun Huawei mengklaim sudah membawa teknologi ini ke tahap yg lebih tinggi.

Sebab, platform ini disebut-sebut cocok diaplikasikan buat kemaslahatan orang banyak, yakni melalui sistem public safety, sebagai bagian dari smart city. Simak selengkapnya di tautan video YouTube berikut ini.

yg mendapatkan kesempatan dari Huawei bagi melihat megahnya Huawei Connect, dan merangkum empat platform itu.

1. Long Distance Face Recognition

Secara sederhana, platform ini adalah kamera pengenal wajah. Namun, lebih kompleks dari itu, kamera berbentuk CCTV ini bisa mendeteksi semua atribut pada objek orang yg ditangkapnya.

Kamera dapat mengenali 35 atribut objek orang yg ditangkap secara real time. Mulai dari nama, alamat, dan nomor induk kependudukan (identitas), gender, gaya rambut, gaya berpakaian, apakah orang itu membawa barang atau tidak, hingga soal macam sepatu apa yg dikenakan.

Khusus bagi pengenalan identitas, tentunya orang itu mesti terdaftar terlebih dulu ke dalam database agar kamera dapat mengidentifikasinya.

2. Dangerous Object Identification

Teknologi ini sangat cocok digunakan kepolisian atau perusahaan yg ingin membersihkan area dari barang-barang berbahaya. Jika Long Distance Face Recognition cuma mendeteksi atribut pada orang, Dangerous Object Identification ini bisa mendeteksi barang-barang berbahaya, semisal senjata api atau senjata tajam.