Toyota Kijang, Punya Peran Sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia

Posted on

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyebut bahwa dari tahun 1970-an, Toyota Kijang telah menemani masyarakat Indonesia dalam berkegiatan. Mobil macam MPV itu selalu berkembang seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Syekh Mohammed bilang (saat bertemu), Uni Emirat Arab pada tahun 1960 mereka dari Dubai ke Abu Dhabi naik unta. Lalu naik Holden dan Impala, tahun 1970 naik truk dan pick up. Kita (pada tahun yg sama) naik Kijang. Tapi 1980-1985 di sana loncat ke Mercedes-Benz dan BMW. Kita masih naik Kijang. Kuncinya adalah kecepatan,” kata Jokowi dalam pembukaan Muktamar V PKB di International Convention Centre Westin Resort, Badung, Bali, Selasa (20/8/2019).

Bila melihat sejarahnya, memang Kijang (kepanjangan dari Kerjasama Indonesia-Jepang) adalah salah sesuatu mobil yg mampu jadi saksi bisu perkembangan Indonesia. Semula yg cuma digunakan sebagai kendaraan alat angkut serbaguna, hingga menjadi mobil keluarga yg laris di Tanah Air dan luar negeri (ekspor).

Kijang terlahir atas respons dari Toyota menanggapi kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serbaguna sekitar pertengahan tahun 1970. Kijang dibuat menyesuaikan karakter spesifik pasar serta geografis Indonesia.

Baca juga: Jokowi: 1980-1985 Orang Dubai Naik Mercy dan BMW, Kita Masih Kijang…