free stats

Susu Kental Manis Beda Dengan Krimer Kental Manis?

Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa susu kental manis (SKM) yaitu susu dan aman bagi dikonsumsi.

Kemudian apa yg membedakan antara Susu Kental Manis dengan Krimer Kental Manis? Perka BPOM no 21/2016 menyebutkan bahwa ada 9 macam yg masuk dalam subkategori Susu Kental merupakan Susu evaporasi, susu skim evaporasi, susu lemak nabati evaporasi, susu kental manis, susu kental manis lemak nabati, susu skim kental manis, krim kental manis, krimer kental manis, dan khoa.

Dalam konferensi pers di Aula Gedung C BPOM, Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/7), Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru, Tetty Helfery Sihombing menyampaikan bahwa krimer kental manis mampu mengandung krim maupun susu.

“Susu kental manis adalah produk yg mengandung susu . Ada juga krimer kental manis (KKM) yg memasukkan susu tetapi kandungan susunya lebih kecil dari pada di susu kental manis,” ujar Tetty.

Sejak awal kemunculannya, susu kental manis diharuskan mengandung kandungan susu. Hal ini makin diperjelas dengan Peraturan BPOM No. 21 Tahun 2016 yg merinci definisi dari susu kental manis.

Dalam hal itu dijelaskan bahwa, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yg diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu; atau yaitu hasil rekonstitusi susu bubuk dengan penambahan gula, dengan atau tanpa penambahan bahan lain.