Sudah 10 Hari, Salinan Putusan MA Atas Kasasi Syafruddin Temenggung Belum Juga Diterima KPK

Posted on

JAKARTA, – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Febri Diansyah mengatakan, pihaknya masih belum menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasasi yg diajukan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung.

Syafruddin ketika itu yaitu terdakwa masalah dugaan korupsi terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

MA sebelumnya menyatakan, Syafruddin terbukti melakukan tindakan tersebut tapi perbuatan itu tidak dikategorikan sebagai tindak pidana. Dengan demikian, Syafruddin Temenggung bebas dari jerat hukum.

“Tadi aku cek ke penuntut umumnya, salinan putusan kasasi itu belum kalian terima sampai hari ini. Karena kalau dihitung kan sejak tanggal 9 Juli ya, jadi sekarang telah lebih dari 10 hari aku kira putusannya belum diterima,” kata Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (23/7/2019) malam.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112’); });

Baca juga: KY Akan Proses Laporan Terhadap 2 Hakim Agung yg Bebaskan Syafruddin Temenggung

Oleh karena itu, lanjut Febri, KPK berharap MA langsung mengirimkan salinan putusan tersebut. Sebab, salinan putusan itu dibutuhkan KPK dalam menentukan upaya hukum selanjutnya atas kasasi Syafruddin.

“Ini agar langkah-langkah lebih konkret upaya hukum terhadap putusan kasasi ini dapat langsung diambil. Karena putusannya belum diterima tentu kita belum mampu membuat argumentasi yg lebih detail, karena pertimbangan hakimnya kan terletak pada putusan kasasi tersebut,” ujar dia.