free stats

Setiap Tahun, 9 Wisatawan Meninggal Di Wilayah Pantai Australia

JAKARTA, – Setiap tahunnya sembilan wisatawan meninggal akibat tenggelam di wilayah pantai Australia. Lebih dari 30 persen wisatawan yg meninggal diantaranya berasal dari Asia.

Penyebab kecelakaan di wilayah Pantai Australia,  lebih dari 40 persen wisatawan tenggelam karena berenang di laut, 24 persen sedang snorkeling, dan 10 persennya sedang beraktivitas memakai papan selancar, kayak, atau body board.

Banyak korban tenggelam ini disebabkan karena mereka tak memahami risiko keselamatan ditempat wisata tersebut dan tak mengetahui bahwa perairan tersebut berombak.

“Jutaan orang mengunjungi pantai Australia ketika musim panas. Sayangnya, banyak yg kemudian terjebak persoalan cuma karena mereka tak terbiasa dengan keadaan arus yg ada,“ ujar Surf Life Saving Australia CEO Adam Weir dalam informasi tertulis yg diterima Travel, Jumat (23/11/2018).

Sementara itu, tiga negara bagian yg mencatatkan angka tertinggi kematian wisatawan akibat tenggelam adalah Queensland sebesar 41 persen, New South Wales sebesar 27 persen, dan Western Australia sebesar 23 persen.

Maskapai penerbangan Qantas Airways, melakukan kerjasama dengan Surf Life Saving Australia (SLSA) buat melindungi para wisatawan yg berkunjung ke pantai Australia.

Di dalam penerbangannya, awak kabin maskapai Qantas ini mulai memberitahukan soal keselamatan ketika berwisata di pantai.

Awak kabin mulai mengingatkan para penumpang buat terus berenang di dalam area yg dibatasi bendera merah dan kuning.

Tags: