Setelah Kerusuhan, Mereka Yang Bekerja Keras Membereskan…

Posted on

JAKARTA, – Kerusuhan yg terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di sekitar Kantor Bawaslu RI menyisakan berbagai jenis sampah seperti pecahan batu, botol plastik, hingga selongsong gas air mata.

Tak cuma menyisakan sampah, kerusuhan itu juga merusak sejumlah fasilitas, termasuk taman-taman kecil yg biasanya menghiasi bahu Jalan MH Thamrin.

Kamis (23/5/2019) pagi, pasukan warna-warni pun dikerahkan buat membereskan sisa kerusuhan. Beberapa petugas telah berada di lokasi sejak azan Subuh belum berkumandang.

“Saya telah stand by di sini dari jam setengah lima, tadi berangkat dari rumah sekitar jam 4 habis sahur,” kata Sugandi, petugas Dinas Lingkungan Hidup yg tinggal di kawasan Tambora.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112’); });

Baca juga: Pasukan Oranye hingga Pasukan Hijau Gotong Royong Bersihkan Sisa Kerusuhan di Sarinah

Sugandi menuturkan, situasi masih cukup chaos saat ia tiba pagi tadi. Aksi lempar masih terjadi dan pekatnya gas air mata terasa sangat perih.

“Wah perih banget, sesak. Kadang-kadang kalian pada ketika mengambil sampah itu gas itu masih aktif gitu ya jadi masih perih, asapnya masih tebal banget,” kata Sugandi.

Suasana pasca-kerusuhan di sekitaran Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Aksi unjuk rasa berujung ricuh terkait penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh KPU terjadi di depan Kantor Bawaslu, berlangsung dari Selasa (21/5/2019) siang dan berlanjut hingga Rabu.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Suasana pasca-kerusuhan di sekitaran Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Aksi unjuk rasa berujung ricuh terkait penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh KPU terjadi di depan Kantor Bawaslu, berlangsung dari Selasa (21/5/2019) siang dan berlanjut hingga Rabu.

Sugandi mengaku kaget saat pertama datang di sekitar Sarinah dan melihat sisa-sisa kerusuhan yg masih berserakan. Menurut Sugandi, ini yaitu pengalaman pertamanya membereskan sisa-sisa kerusuhan.

Baca juga: Pasukan Oranye Bersihkan Puing-puing Aksi Massa di Tanah Abang