free stats

Samsung Menurun, Apple Stagnan, Vendor Smartphone China Menanjak

Vendor smartphone yang berasal Negeri Tirai Bambu kembali menorehkan catatan positif. Pada kuartal ketiga 2018 ini, Huawei, Xiaomi dan Oppo mengalami peningkatan penjualan dibandingkan periode yg sama di tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari firma riset pasar Gartner, ketiga vendor tersebut masuk dalam 5 besar sebagai vendor dengan penjualan tertinggi. Huawei berada di peringkat kedua sementara Xiaomi dan Oppo berada di peringkat keempat dan kelima.

Huawei tercatat mengalami peningkatan yg paling signifikan. Pangsa pasar Huawei pada Q3 2018 ini tercatat mengalami kenaikan 3,9 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Tergerus Smartphone Jumbo, Pasaran Tablet Diramal Lesu 5 Tahun

Kenaikan ini dipengaruhi oleh performa penjualan sub-brand punya Huawei yakni Honor yg menyasar segmen menengah ke bawah.

Dirangkum Tekno dari GSM Arena, Jumat (7/12/2018), Honor berhasil mencatatkan penjualan yg positif di India, China dan dua wilayah Eropa bagian barat.

Begitu pula dengan Xiaomi dan Oppo. Meski peningkatannya tidak sebesar Huawei, pangsa pasar global kedua brand ini meningkat dibandingkan periode yg sama di 2017.