Rekam Jejak Toyota Kijang Yang Disebut Jokowi

Posted on

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyebut nama Toyota Kijang pada pembukaan Muktamar V PKB di International Convention Center Westin Resort, Bali, Selasa (20/8/2019). Namun penyebutan tersebut disampaikan dengan maksud meyindir kemajuan dari perekonomian bangsa Indonesia yg lebih lambat dari Uni Emirat Arab.

“Uni Emirat Arab mampu cepat melompat. Tahun 1960 mereka dari Dubai ke Abu Dhabi naik unta. Ini Syekh Mohammed sendiri yg bilang. Kita naik Holden dan Impala. 1970 mereka naik truk dan pick up, kami naik Kijang. Tapi 1980-1985 di sana lompat, Mercy, BMW. Kita masih naik Kijang. Kuncinya kecepatan,” ucap Jokowi, Rabu (21/8/2019).

Meski demikian, memang tak dapat dipungkiri bila menilik sejarah otomotif di Indonesai tak mampu lepas dari mobil bergenre multi purpose vehicle (MPV) ini. Bahkan Toyota Kijang sudah menjadi ikon mobil keluarga di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Identik dengan Kijang Innova

Melihat dari riwayatnya, Kijang memang memiliki sejarah yg cukup panjang. Sejak meluncur pertama kali pada 1977 sampai ketika ini, generasi demi generasi Kijang sudah melewati evolusi yg sangat signifikan.