free stats

Prevalensi Penyakit Tidak Menular Semakin Tinggi

Jakarta – Penyakit Tidak Menular mengalami kenaikan seandainya dibandingkan dengan Riskesdas 2013 antara yang lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sudah menyelesaikan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yg ditakukan secara terintegrasi dengan Susenas Maret (Badan Pusat Statistik). Terintegrasinya riset ini sangat utama karena dimungkinkan anaiisis yg lebih mendaiam. Status kesehatan dan determinan kesehatan mampu dilihat dari faktor sosial ekonomi sehingga keterangan yg dihasilkan lebih komprehensif.

Data Riskesdas juga mampu digunakan buat menghitung lndeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM). sehingga bisa diketahui perubahan pencapaian sasaran pembangunan kesehatan di setiap level wilayah dari tingkat kabupaten atau kota, sesuatu provinsi maupun nasional.

Pengumpulan data Riskesdas yg dikerjakan pada 300.000 sampel rumah tangga (1.2 juta jiwa) sudah menghasilkan beragam data dan keterangan yg memamerkan wajah kesehatan Indonesia.