free stats

Perhatikan, Ini Gejala Anak Menderita Diabetes

Jakarta – Ada dua gejala – gejala yg perlu diwaspadai saat anak terdiagnosa menderita Diabetes melitus (DM).

Ini dapat menjadi salah sesuatu acuan para orangtua buat mengetahui dan membaca gejala yg seandainya timbul pada buah hatinya.

Menurut DR. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), salah sesuatu gejala anak saat menderita DM adalah mengalami banyak makan. Kemudian, mengalami banyak minum. Pada anak, DM tipe sesuatu yg tidak jarang banyak ditemukan.

“Ini angka buat di Indonesia. Tipe beberapa itu sebetulnya, seperti fenomena gunung es. Kita itu bukan tak bisa, tapi tak tahu. Kalau seperti di Jepang, ada Kalau dilihat dari data yg aku miliki ada sekitar 40 persen insulin resisten,” ujar Aman ketika ditemui di acara yg digelar Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian KesehatanRI dalam rangka media briefing Anak Juga Bisa Diabetes, Jakarta, Rabu, (31/10/2018).

Berikut adalah gejala – gejala yg perlu diwaspadai seandainya anak menderita DM.

1. Banyak makan

Anak dengan DM mulai merasakan lapar terus-menerus meskipun baru selesai makan. Rasa lapar ini didorong oleh jumlah insulin yg tak memadai sehingga gula tak mampu diolah menjadi energi.

“Jika anak kadang makan tetapi tak gemuk – gemuk ini perlu dicurigai,” tambah Aman.

2. Banyak minum