free stats

Pentingnya Mengetahui Sejak Dini Penyakit Autoimun

INILAH.COM, Jakarta-Autoimun yaitu penyakit yg diakibatkan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh (imun). Penyakit ini bisa mengancam siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Penyakit ini sekilas gejala awalnya tak terlihat. Namun seandainya diabaikan, penyakit autoimun mulai menyebabkan penyakit serius yg mampu menyerang fisik dan mental seseorang.

Penyakit autoimun yaitu gangguan regulasi sistem imun yg ditandai dengan reaktivasi sistem imun baik sel T maupun sel B (autoantibodi) melawan sel tubuh sendiri (autoantigen). Dengan kata lain, antibodi di dalam tubuh menyerang tubuh itu sendiri.

Berdasarkan informasi pers dari Laboratorium Klinik Prodia, Sabtu (28/4/2018), penyakit ini mampu menyerang sesuatu macam organ (organ spesifik), contohnya insulin-dependent diabetes mellitus (IDDM), autoimmune thyroid disease, dan myasthenia gravis. Di sisi lain, autoimun juga mampu menyerang banyak organ (organ non spesifik atau systemic autoimmune disease), seperti multiple sclerosis(MS), systemic lupus erythematosus (SLE), dan rheumatoid arthritis (RA).

Penyakit autoimun memiliki gejala yg berbeda-beda (berdasarkan organ yg terkena penyakit). Misalnya kelelahan dan nyeri sendi pada pasien RA, penglihatan kabur dan koordinasi tubuh tak presisi pada pasien MS, persoalan pencernaan dan berat badan (bisa naik atau turun drastis) pada pasien celiac disease, dan masih banyak lagi.

Minimnya edukasi penyakit autoimun membuat masyarakat kurang memperhatikan bahaya penyakit ini. Menyadari pentingnya edukasi bagi meningkatkan kesadaran masyarakat mulai penyakit autoimun, Prodia mengadakan seminar nasional dengan tema Keep Strong Stay Healthy terhadap Penyakit Autoimun.