Pentagon Larang Pegawai Gunakan Smartwatch

Posted on

Washington DC – Wakil Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan meminta para pegawai Departemen Pertahanan AS atau Pentagon bagi melepas dan mematikan kemampuan geolokasi Garmin, Fitbit, dan Apple Watch.

Selama bertahun-tahun, telepon seluler alias ponsel dilarang digunakan di banyak kantor di Pentagon. Alasannya sederhana, apa pun yg mampu mengirim dan memiilki mikrofon bisa digunakan buat merekam dan mengirim informasi. Jika perangkat itu memiliki kamera, maka foto atau video juga bisa diambil.

Kini, tak cuma ponsel, smartwatch pun menjadi ancaman. Apple Watch, Garmin, Fitbit dan jam tangan pintar dengan sensor jarak jauh mampu melacak lokasi dan membagikannya dengan basis data jarak jauh.

“Kemampuan geolokasi ini mampu mengekspos keterangan pribadi, lokasi, rutinitas, dan jumlah personil Departemen Pertahanan, dan berpotensi menciptakan konsekuensi keamanan yg tak diinginkan dan meningkatkan risiko terhadap pasukan gabungan dan misi,” kata Shanahan, dalam memo yg dirilis kantor pers Pentagon, seperti dilansir laman Breaking Defense.