Orang Tua Jangan Izinkan Anak Di Bawah 17 Tahun Bawa Kendaraan

Posted on

JAKARTA, – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menghimbau kepada para orang tua, agar tak memberikan izin kepada anaknya yg masih berusia di bawah 17 tahun buat mengendarai kendaraan bermotor.

Menurut Refdi, peran orang tua dalam keselamatan berlalu lintas juga sangat dibutuhkan, karena secara aturan yg berlaku, seseorang diperbolehkan mengendarai mobil atau sepeda motor apabila telah berusia minimal 17 tahun.

“Jadi jangan diberikan kesempatan untuk anaknya yg masih di bawah umur membawa motor, apalagi ke sekolah, atau jalan umum lainnya karena sangat berbahaya,” ujar jenderal bintang beberapa itu saat berbincang dengan di kantor Korlantas Polri belum lama ini.

Refdi melanjutkan, apabila tetap diberikan maka telah melanggar aturan dulu lintas yg berlaku. Sebab, anak tersebut belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), karena batas minimal mendapatkan SIM, merupakan 17 tahun ke atas.

Baca juga: Bulan Depan Korlantas Polri Terbitkan SIM Milenial

“Jika umurnya telah cukup tak masalah, tapi harus memiliki SIM, dan juga diberikan pengertian soal cara berkendara yg aman dan harus mematuhi segala peraturan atau rambu di jalan raya,” kata Refdi.