Mudik Pakai Mobil Matik, Pelajari Fungsi Tuas Transmisinya

Posted on

Selain itu, D juga yaitu posisi terbaik buat melakukan over drive, yakni mengemudi dengan kecepatan tertinggi buat memaksimalkan tenaga mobil tersebut.

Jika pada mobil manual cara buat memaksimalkan kecepatan harus dengan mengubah transmisi ke gigi tertinggi, maka pada mobil matik cukup dengan menekan tombol yg ada pada tuas transmisi. Teknik mengemudi seperti ini disarankan cuma digunakan ketika berkendara di jalan tol.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Kendari demikian bukan berarti posisi D mampu digunakan dalam seluruh kondisi. Dalam keadaan menanjak, Deni menyarankan agar pengguna matik memakai tuas di posisi 2. Selain bisa membuat laju kendaraan lebih stabil, posisi tuas di 2 juga mulai membuat bahan bakar lebih irit.

“Kalau tetap di D dapat tetap menanjak, tetapi bahan bakar jadi lebih boros. Karena kalau di D artinya harus kencang terus,” kata Deni dua waktu dahulu kepada .

Sementara itu, bagi L (low), Deni menyarankan agar pengguna matik menggunakannya ketika melintasi turunan atau tanjakan curam. Karena L yaitu transmisi dengan kecepatan paling rendah. Sehingga dinilai aman ketika melibas turunan atau tanjakan yg cukup curam.

“Kalau turunan tetap pakai D, dikhawatirkan mobil mulai melaju terlalu cepat,” kata Deni.

Sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2019/05/15/130300815/mudik-pakai-mobil-matik-pelajari-fungsi-tuas-transmisinya