Mudik Pakai Mobil Matik, Pelajari Fungsi Tuas Transmisinya

Posted on

JAKARTA, – Anda yg berencana mudik memakai kendaraan pribadi, terutama pakai mobil bertransmisi otomatis, tak ada salahnya bagi mengenal karakter atau fungsi dari tuas transmisi. Sebab, antara manual dan matik jelas memiliki perbedaan.

Perbedaan penting dan cukup mendasar, merupakan pada transmisi matik terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L dan yang lain sebagainya. Sementara mobil manual cuma terdapat angka 1-2-3-4-5-R.

Pengenalan fungsi dari huruf dan angka pada transmisi matik sangat penting, apalagi buat Anda yg belum lama mengemudikan mobil matik, harus butuh penyesuaian agar tak terjadi persoalan saat di perjalanan menuju ke kampung halaman.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Andrian menjelaskan, bagi posisi P, R, dan N, hampir tidak ada pengemudi matik yg keliru dalam penggunaannya. Sebab P (parking) yaitu posisi buat parkir, R (reverse) bagi mundur, dan N (neutral) posisi netral. Namun tak demikian dengan posisi D, 2, dan L.

Baca juga: Pakai Mobil Matik, Ingat Lagi Mekanisme “Kickdown”

Selanjutnya D (drive) yaitu posisi buat berkendara dalam kecepatan terbaik. Pengguna mobil matik dinilai mampu memakai D ketika berkendara dengan kecepatan normal di dalam kota.