Mie Instan Asli Gunungkidul, Terbuat Dari Ketela

Posted on

YOGYAKARTA, – Mengunjungi Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, identik dengan membawa oleh-oleh yg berbahan dasar ketela. Tiwul dan keripik adalah beberapa macam di antaranya.

Namun dengan kreativitas warga Dusun Sumberjo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen Gunungkidul, Yogyakarta, singkong diubah menjadi mie instan dalam cup bernama ‘Ayo Mie’ yg gampang disajikan dan diklaim lebih sehat.

Sekilas mie instan cup buatan kelompok wanita Dusun Sumberjo tak berbeda dengan mie cup pada umumnya. Namun setelah dibuka, ukuran mienya lebih tebal. Dalam cup tersebut berisi bumbu, minyak, dan cabai kering. Tak lupa sebuah garpu plastik.

Ada beberapa varian rasa yakni ayam spesial dan bakso sapi. Untuk menyeduhnya juga relatif lebih lama dibandingkan mie instan pada umumnya.

“Jika mie instan yg biasa itu diseduh sekitar empat menit, kalau mie mocaf (ubi kayu) sekitar lima sampai enam menit,” kata Ketua kelompok Suti Rahayu kepada Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Mengikuti Upacara Melasti di Gunungkidul, Serasa di Bali

Suti mengatakan, ide awal pembuatan mie instan ini berawal dirinya diberikan pelatihan membuat mie yg berbahan dasar tepung mocaf. Tidak gampang bagi membuat mie instan dengan bahan baku mocaf.