Mesin Over Running, Penyebab Truk Hino Kecelakaan Di Tol Cipularang

Posted on

JAKARTA, Tabrakan beruntun yg melibatkan hingga puluhan kendaraan di Tol Cipularang Km 91 (2/9/2019), terjadi karena beberapa truk Hino yg kecelakaan.

Sebelumnya diduga penyebab kecelakaan truk adalah rem blong, namun kabar tersebut segera dibantah PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), selaku manufaktur Hino yg ikut dalam proses olah tempat kejadian kasus (TKP).

Prasetyo Adi Yudho, Product Division Head PT HMSI, berujar seandainya tabrakan beruntun terjadi karena truk paling pertama terguling di jalan tol.

Penyebab truk terguling ini disinyalir karena over load dan over running. Kesimpulan inilah yg didapat Hino usai menggeral olah TKP bersama polisi dan dinas terkait.

Baca juga: Mengenal Exhaust Brake, Rem Tambahan Truk dan Bus di Jalan Menurun

Kendaraan melintas ketika pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan Contra Flow tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Kendaraan melintas ketika pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan Contra Flow tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.

“Jadi sebelum terguling, truk tersebut telah over running lebih dulu. Hal ini membuat truk sulit dikendalikan, apalagi sistem rem tidak sanggup menahan beban berlebih karena over load,” terangnya kepada (13/9/2019).

Menurut Adi, over running adalah suatu keadaan di mana kecepatan putaran mesin kalah cepat dengan putaran roda ketika kendaraan melewati jalan menurun.