Mengenal Telaga Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Kisah KKN Desa Penari

Posted on
Beberapa pusaka yg dikirab menuju Rowo Bayu, Banyuwangi, Minggu (11/12/2016). Setelah sampai di Rowo Bayu, mereka menggelar drama kolosal Perang Puputan Bayu yg menceritakan perjuangan rakyat Blambangan melawan Belanda dipimpin oleh Pangeran Jogopati./IRA RACHMAWATI Beberapa pusaka yg dikirab menuju Rowo Bayu, Banyuwangi, Minggu (11/12/2016). Setelah sampai di Rowo Bayu, mereka menggelar drama kolosal Perang Puputan Bayu yg menceritakan perjuangan rakyat Blambangan melawan Belanda dipimpin oleh Pangeran Jogopati.

Rowo Bayu yaitu salah sesuatu tempat wisata di Banyuwangi, tepatnya di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Berjarak 35 km dari Kota Banyuwangi dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, membuat tempat ini tampak asri dengan perpohonan rindang di sekitarnya.

Rowo Bayu tak cuma tempat wisata alam saja, tetapi juga sebagai tempat wisata sejarah yg menyimpan misteri sejarah Kerajaan Blambangan.

Di sanam terdapat petilasan Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan, serta ada tiga mata air atau sendang. Ketiga mata air ini memiliki nama Sendang Keputren, Sendang Wigangga dan Sendang Kamulyan.

Sendang Wigangga berbentuk seorang wanita membawa kendi dilengkapi dengan pancuran di kendinya, sedangkan Sendang Kamulyan posisinya berada di belakang petilasan.

Selain itu, ada juga Candi Puncak Agung Macan Putih yg didirikan bagi menghormati roh para leluhur, yg sudah berjasa dalam mempertahankan tanah Blambangan ketika Perang Puputan Bayu tahun 1771.

Untuk kamu yg berencana mengunjungi tempat ini, jangan lupa bagi mengisi daya ponselmu sampai penuh. Tempat ini sayang dilewatkan buat mengabadikan gambar dengan sudut-sudut lokasi yg indah. Selain itu, stop kontak mulai susah bagi dijumpai disini.

Namun, akun Twitter @SimpleM81378523 menyatakan bahwa foto yg diunggah bukan karena Rowo Bayu Banyuwangi lokasi sungguhan dari kisah KKN Desa Penari. Foto itu digunakan cuma sebagai ilustrasi seperti apa salah sesuatu tempat dalam cerita yg viral di medsos itu.

 

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2019/09/06/060000127/mengenal-telaga-rowo-bayu-tempat-yang-dikaitkan-kisah-kkn-desa-penari