Masyarakat Harus Berperan Aktif Cegah TBC

Posted on

Jakarta – Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia 2018, masyarakat diajak buat berperan aktif buat mencegah dan pengendalikan penyakit TBC (tuberkulosis).

Peduli TBC, Indonesia Sehat adalah tema Indonesia dalam peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018. Tema ini ingin mengajak segala pihak dan anggota masyarakat buat turut berperan aktif dalam gerakan TOSS TBC sebagai upaya pencegahan dan pengendalian TBC. TOSS TBC (Temukan Obati Sampai Sembuh) adalah gerakan bagi menemukan pasien sebanyak mungkin dan mengobatinya sampai sembuh sehingga rantai penularan di masyarakat dapat dihentikan.

Dr. Anung Sugihantono, M.Kes, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ketika ditemui di Stasiun Kota, Jakarta, Rabu, (21/03/2018), menyatakan penemuan masalah selalu ditingkatkan secara intensif baik yg dikerjakan fasilitas punya pemerintah maupun swasta.

“Kemudian melakukan pendekatan terpadu layanan TBC dengan layanan kesehatan lainnya serta dikerjakan juga penemuan aktif melalui pendekatan keluarga. Upaya ini didukung dengan edukasi selalu menerus melalui berbagai kegiatan,” papar Anung.