Lima Destinasi Asyik Buat “Selfie” Di Bulgaria (3)

Posted on

SOFIA, – Bagi Anda pelancong yg suka mengabadikan perjalanan liburan atau traveling, tentu telah mengantongi daftar tempat yg wajib dikunjungi sebelum sampai lokasi tujuan.

Namun, seringkali daftar yg Anda untuk terlalu panjang, sehingga tak benar-benar merepresentasikan “destinasi wajib kunjung” sebagai yg laik dikenang seumur hidup.

Nah, dapat jadi ketika berwisata ke Bulgaria pun Anda mengalami kebingungan. Hal ini dimungkinkan, karena negara semenanjung Balkan ini milik banyak destinasi wisata yg mulai membuat kalian sampai pada ekstase “tingkat dewa”.

Baca juga : Bulgaria, Sepotong Nirwana di Eropa Tenggara (1)

Betapa tidak, Bulgaria ibarat sekeping surga, yaitu kuali dari berbagai jenis pengaruh kepentingan yg terakulturasi dengan baik dalam kemasan seni, arsitektur, makanan, gaya hidup, dan juga reliji.

Tak mengherankan seandainya di negara yg yaitu produsen lactobacilus bulgaricus nomor wahid ini, kami dapat menemukan destinasi wisata natural dalam saujana yg memesona sekaligus juga lokasi-lokasi yg yaitu buah karya kreatif manusia (man made).

Baca juga : Cara Mudah dan Murah Menuju Surga di Eropa Tenggara (2)

Berikut lima destinasi yg menarik didokumentasikan sekaligus terlalu asyik seandainya tidak dijadikan obyek penyempurna potret diri alias ” selfie“:

Katedral Alexander Nevsky.Hilda B Alexander/ Katedral Alexander Nevsky.

1. Katedral The Saint Alexander Nevsky

Katedral terbesar di Eropa Tenggara ini mengadopsi langgam arsitektur Bizantium Roman. Demikian menakjubkan dan niscaya membuat siapa saja yg melihatnya mulai berdecak kagum.

Ke mana pun Anda berada di Sofia, katedral ini tak mulai pernah hilang dari pandangan. Bagaimana kisah di balik mahakarya yg indah nan memesona ini? 

Dibangun pada akhir 1800-an, tempat ibadah ini yaitu kebanggaan Sofia alias the pride of Sofia yang menghiasi cakrawala kota. 

Menempati lahan seluas 3.170 meter persegi dengan tinggi 45 meter, katedral The Saint Alexander Nevsky memiliki kubah berlapis emas dengan salib yg juga dari emas.

Tempat suci ini bukan sekadar struktur gereja untuk umat Kristen Ortodoks, juga simbol kebebasan yg didedikasikan buat tentara Rusia yg menolong kebebasan Bulgaria dari pendudukan Turki pada 1878.

Katedral The Saint Alexander Nevsky di Sofia, Bulgaria.Hilda B Alexander/ Katedral The Saint Alexander Nevsky di Sofia, Bulgaria.

Gagasan membangun katedral pertama kali muncul pada tahun 1870. Awalnya, katedral ini dirancang oleh arsitek Rusia bernama Ivan Bogomolov pada 1884, namun sejurus kemudian, pekerjaan ini diambil alih oleh Alexander Pomeratsev pada 1898.

Terinspirasi oleh kemegahan Bizantium kuno, Pomeratsev merevisi rancangan asli Bogomolov. Majelis gereja menyetujui desain Pomeratsev tidak lama setelah itu, dan pembangunan Katedral dimulai tahun 1904.

Pomeratsev sendiri mengawasi bangunan tersebut dengan bantuan arsitek Alexander Smirnov dan Alexander Yakovlev. Pada tahun 1912, Katedral selesai dibangun.

Tak cuma para arsitek piawai, pembangunan katedral The Saint Alexander Nevsky ini juga melibatkan lebih dari 40 perajin dari segala Eropa Timur.

Interior katedral The Saint Alexander Nevsky di Sofia, Bulgaria.Hilda B Alexander/ Interior katedral The Saint Alexander Nevsky di Sofia, Bulgaria.

Mereka menciptakan berbagai ukiran kayu, mosaik, relief dasar, pekerjaan logam dan seluruh elemen lainnya yg membuat katedral ini laik disebut mahakarya.

Banyak bahan yg digunakan dalam membangun katedral diimpor dari negara lain, khususnya marmer berwarna-warni, perlengkapan lampu dari Munich, mosaik Venesia, alabaster Afrika, dan onyx Brasil.

2. Belogradchik Rocks

Belogradchik Rocks yaitu gugusan patung batu yg terletak di sebelah barat kota Belogradchik, di pegunungan Balkan.

Belogradchik Rocks, Bulgaria.Hilda B Alexander/ Belogradchik Rocks, Bulgaria.

Gugusan patung batu ini menyerupai tokoh orang, binatang, benteng, piramida atau benda yg berbeda dengan ukuran raksasa.

Warnanya yg merah bata, kontras dengan indahnya hutan hijau, dan padang rumput subur serta kebun-kebun anggur kecil di sekitarnya.

Gugusan patung ini yaitu fenomena alam yg sangat indah dan unik untuk Balkan serta  yaitu kekhasan yg demikian utama di seantero Eropa.

Belogradchik Rocks, Bulgaria.Hilda B Alexander/ Belogradchik Rocks, Bulgaria.

Tidak cuma dari segi usia yg di atas 230 juta tahun, keunikan juga terdapat pada masing-masing batu yg memiliki nama sesuai dengan legenda yg menyertainya.

Misalnya, Madonna, para bhikhu, penunggang kuda; gadis sekolah, darwis, beruang, Adam dan Hawa, benteng, cuckoo, Leo, unta, Orpheus hingga prosesi pernikahan yg terbentuk sedemikian rupa.

Batu-batu Belogradchik dinominasikan sebagai “New 7 Wonders of Nature” Dunia pada 2007.