Kiprah Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional

Posted on

JAKARTA, – Ketua Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) Linda Agum Gumelar mengatakan, kunci penting pembangunan nasional tak cuma terletak di atas pundak laki-laki, tetapi juga perempuan.

Menurut Linda, perempuan juga milik tugas dan peran yg sama. Karena itu, peningkatan kualitas buat para perempuan Indonesia yaitu sebuah keharusan.

Linda mengatakan, jumlah perempuan dan laki-laki di Indonesia hampir sama banyaknya. Dari total 100 perempuan, ada 66 orang berusia produktif. Sementara dari 100 laki-laki, ada 65 di antaranya berusia produktif.

“Potensi sumber daya manusia tersebut mampu menjadi modal penting pembangunan, bila mereka memiliki kualitas yg baik,” kata Linda, dalam informasi pers yg diterima , Minggu (28/1/2018).

Baca juga : Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender

Linda yg membuka kegiatan Training of Trainer (TOT) bertajuk ‘Peningkatan Kapasitas Perempuan buat Percepatan Kesetaraan Gender’ menyebut, perempuan ketika ini milik kesempatan besar buat berkiprah di semua bidang.

Namun lanjut dia, bagi meraih posisi tersebut, masyarakat harus memiliki pemahaman utuh mengenai kesetaraan gender.

“Dengan itu, maka perlakuan diskriminatif terhadap perempuan bisa diperkecil, sehingga perempuan bisa memanfaatkan kesempatan dan peluang yg sudah diberikan,” ujar mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut.