Kartu Pekerja Anies-Sandi Dan Kritik Dari Elemen Buruh

Posted on

JAKARTA, – Gubernur DKI Jakarta Anies-Baswedan launching Kartu Pekerja sebagai program peningkatan kesejahteraan buruh.

Dengan kartu ini, para buruh berpenghasilan upah minimum provinsi (UMP) DKI mampu naik transjakarta gratis dan memperoleh subsidi daging sapi, ayam, telur, dan beras.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, peluncuran kartu ini yaitu pemenuhan janji peningkatan kesejahteraan buruh yg pernah disampaikan sebelumnya.

Ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan UMP DKI Jakarta 2018 sebesar Rp 3.648.035 pada November 2017, ia berjanji memberikan subsidi transportasi dan pangan.

Sandiaga mengatakan, keputusan memberikan subsidi transportasi dan pangan ini sudah melalui proses kajian yg lengkap.

“Melalu kajian yg kalian lakukan, 30 persen penghasilan mereka (buruh) buat transportasi, 30-35 persen penghasilan bagi pangan. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, kita berikan intervensi kebijakan buat memberikan fasilitas,” kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca juga : Tak Hanya Buruh Pabrik, Ini Kriteria Penerima Kartu Pekerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Priyono mengatakan, pada tahap pertama, ada 236 perusahaan yg mengajukan permohonan Kartu Pekerja dengan total tenaga kerja 25.514 orang.

Setelah dikerjakan verifikasi, jumlah penerima Kartu Pekerja pada tahap pertama ini sebanyak 3.339.

Buruh dapat mendapatkan fasilitas ini seandainya terdaftar sebagai penduduk DKI Jakarta, menerima upah tak lebih dari UMP, dan masa kerja di bawah sesuatu tahun.

Dipertanyakan