free stats

KA Joglosemarkerto Hubungkan Kota-kota Di Jateng Dan DIY

PURWOKERTO, – Mulai Desember 2018, sejumlah kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta mulai terkoneksi dengan kehadiran relasi kereta api (KA) baru bernama Kereta Joglosemarkerto. Peluncuran perdana relasi kereta baru ini dikerjakan Minggu (1/12/2018).

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D Santoso melalui rilis tertulis, Jumat (30/11/2018) mengatakan, kereta baru ini mulai menghubungkan stasiun-stasiun di sepanjang kota Yogyakarta – Solo – Semarang – Purwokerto tanpa perlu berpindah kereta dan tentu dengan tarif yg kompetitif.

“Selama ini sebenarnya telah ada perjalanan KA-KA yg menghubungkan kota-kota tersebut, namun repot karena masih memerlukan perpindahan antar-KA,” katanya.

“Semisal, KA Joglokerto dari Yogyakarta, penumpang yg hendak menuju ke Tegal/Pekalongan harus berganti dengan KA Kamandaka di Stasiun Purwokerto,” lanjutnya.

KA Joglosemarkarto yaitu perpanjangan dari salah sesuatu rute KA Kamandaka yg semula relasi Semarang Tawang – Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta – Solo – Semarang Tawang.

Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto (dua kanan) dalam pers conference peluncuran KA Joglosemarkerto di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/11/2018)./LABIB ZAMANI Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto (dua kanan) dalam pers conference peluncuran KA Joglosemarkerto di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/11/2018).

Selain KA Kamandaka, perubahan perpanjangan relasi juga dikerjakan pada KA Joglokerto yg semula beroperasi dari Purwosari menuju Purwokerto PP, mulai diteruskan relasinya hingga Semarang – Solo – Yogyakarta.

Dalam operasionalnya, KA Joglosemarkerto memakai rangkaian beberapa gerbong Eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (50 tempat duduk per gerbong) dan tujuh gerbong ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (80 tempat duduk per gerbong).

Tags: