Jati Unggul, Beringin Kembar Di Karanganyar Yang Kerap Bikin Penasaran

Posted on

Menuju Balai Desa Sewurejo cukup mudah. Selain jalannya telah baik, sudah tersedia pula aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps. Jika telah sampai sana, maka pohon beringin tersebut telah tidak lagi jauh.

Satu cara yg mampu dikerjakan bagi mengetahui jalan menuju beringin kembar adalah bertanya kepada warga. Menurut masyarakat setempat, nama pohon beringin kembar itu ternyata adalah Jati Unggul.

Di Tengah Kawasan PT Perkebunan Nusantara IX

Rute menuju Jati Unggul adalah menuju selatan Balai Desa Sewurejo. Nantinya terdapat jalan menuju areal perkebunan di samping warung mie ayam. Menurut Google Maps, nama warung itu adalah Mie Ayam Mas Mogol.

Usai berbelok, jalan tak lagi halus. Jalan perkebunan terdiri dari tanah dan batu sehingga kendaraan tak dapat melaju pelan. Pada pertigaan pertama, perjalanan berlanjut dengan belok kanan.

Jalan menuju Jati Unggul di tengah kebun karet dan tebu/Anggara Wikan Prasetya Jalan menuju Jati Unggul di tengah kebun karet dan tebu

Jalan ini berada di tengah kawasan PT Perkebunan Nusantara (PTPN IX). Sebelah kiri jalan adalah kawasan perkebunan karet, sementara sebelah kanan jalan yaitu perkebunan tebu.

Sesaat melaju usai berbelok kiri di pertigaan, tampak beberapa pohon beringin yg menjulang tinggi dari kejauhan, itulah Jati Unggul. Meski cuma ada jalan setapak untuks sampai ke sana, sepeda motor masih dapat melaluinya.

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2019/05/15/090800527/jati-unggul-beringin-kembar-di-karanganyar-yang-kerap-bikin-penasaran