Jateng Targetkan 1,2 Juta Wisman

Posted on

SEMARANG, – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Jateng mencapai 1,2 juta orang pada tahun 2019 ini. Berbagai upaya dikerjakan agar pelancong luar mampu menikmati sejumlah aneka wisata yg disediakan.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono menjelaskan, langkah mendatangkan jutaan wisman salah satunya dengan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata.

Sektor pariwisata ditarget menjadi salah sesuatu penopang pertumbuhan ekonomi strategis untuk Jawa Tengah.

Baca juga: Kunjungan Wisman ke Jateng pada 2018 Menurun

“Kami optimistis tahun 2019 target 1,2 juta wisman berkunjung ke Jateng mulai terlampaui,” kata Puryono, di sela kegiatan Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Hasil Riset Strategi Pengembangan Pariwisata Jateng, di Gedung BI Jawa Tengah, Kamis (11/4/2019).

Candi Arjuna, salah sesuatu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yg terus ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017./NAZAR NURDIN Candi Arjuna, salah sesuatu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yg terus ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.

Puryono mengatakan, infrastruktur pendukung pariwisata di Jateng telah sangat memadai. Jateng milik pintu masuk berupa bandara dan pelabuhan yg representatif.

Baca juga: Tawarkan Karimunjawa, Jateng Bidik Turis China

Pintu masuk Bandara Ahmad Yani misalnya sudah menampung penumpang lebih banyak. Selain itu, terminal bandara juga sudah dibangun dengan baik dan nyaman, dan bagus. Bandara Semarang juga membuka sejumlah rute-rute internasional dari dan ke Semarang.

Sementara melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Emas, juga intens menerima kunjungan kapal pesiar dari berbagai negara.