free stats

Jaksa Tolak Nota Keberatan Jonru Ginting

JAKARTA, – Setelah terlambat beberapa jam, sidang pengadilan terhadap Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting, yg didakwa sudah melakukan ujaran kebencian, akhirnya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018) pada pukul 12.10 WIB. Sidang hari ini beragenda pembacaaan tanggapan jaksa penuntut umum (JPU) atas nota keberatan kuasa hukum Jonru.

Dalam tanggapannya, jaksa menolak segala poin keberatan dari tim kuasa hukum Jonru yg disampaikan pada Senin lalu.

“Kami bacakan 12 jawaban eksepsi, tetapi ada sebagian itu yg masuk pokok pidana dan sebagian kita jawab berdasarkan pemahaman dari 143 KUHP, ” kata Jaksa Penuntut Umum Zulkipli kepada wartawan.

Menurut Zulkipli, sebagaian besar keberatan yg disampaikan tim kuasa hukum Jonru mengada-ada.

Baca juga : Kuasa Hukum: Dakwaan terhadap Jonru Tidak Jelas Isinya

Soal tempus (waktu) dan locus (tempat) acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada 29 Agustus dahulu misalnya. Dalam acara itu, terdakwa Jonru dan Akbar Faisal berbicara mengenai asal-usul orangtua Jokowi yg kemudian dijadikan materi dakwaan oleh jaksa.

“Kami jawab bahwa (Jakarta) Pusat itu tempat acara itu (ILC), bukan seperti yg dimaksud JPU yg adalah tempat perbuatan atau postingan (ujaran kebencian oleh Jonru),” ujar Zulkipli.