Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Finance Highlights

Informasi Nasional Akurat Terpercaya

img

Inspirasi Anak Indonesia Berprestasi

/
/
/
109 Views

Jakarta – Anak Indonesia berhasil meraih 34 medali emas di ajang World Scholar’s Cup (WSC) di Yale, Amerika Serikat.

Anak Indonesia tersebut berasal dari sekolah IPEKA. Tim peserta sukses membawa pulang 2 piala, 34 medali emas, dan 23 medali perak. Selain itu, tim putra dinobatkan sebagai tim terbaik dari Indonesia, dan menempati peringkat II dari semua peserta di Asia Tenggara.

World Scholars Cup yaitu sebuah ajang kompetisi tingkat dunia yg memperlombakan empat area kompetisi, yaitu Debate, Writing, Scholars Challenge, dan Scholars Bowl. Setiap tim dari berbagai sekolah yg berasal dari 50 negara wajib mengirimkan tiga orang peserta yg mulai diikutsertakan dalam empat area kompetisi tersebut.

Tim putra dan putri sudah melewati babak regional World Scholars Cup di Jakarta pada Mei 2017 dan babak global di Hanoi dan Athens pada Juni – Juli 2017, kemudian berkompetisi dengan lebih dari 1.000 peserta dari 50 negara di babak Tournament of Champions di Yale University.

“Kami harapkan setiap anak mampu mempertahankan keunggulannya masing-masing dan menyempurnakan apa yg masih menjadi kelemahan mereka, sehingga mampu mencapai hasil yg maksimal. Selain top tim, murid-murid kita juga masuk dalam top scholars. Kami bangga dengan hasil tersebut, apalagi ini adalah pertama kali ikut serta dalam ajang World Scholars Cup dan membawa nama harum Indonesia di tingkat internasional,” ujar Ms. Joshie Kepala Sekolah SMP, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta.

Ajang WSC membawa pulang beragam pengalaman berharga untuk setiap peserta, seperti yg diungkapkan oleh Nathanael Massie Winoto, Top 1 debater yang meraih medali emas.

“Yang aku sangat sukai dari debate di WSC adalah bukan cuma semata-mata tentang pemikiran fakta atau argumentasinya, tapi juga bagaimana mengatakan pemikiran tersebut dalam cara yg kreatif dan menyenangkan,” katanya.

Lebih dari itu, topik debate di WSC juga sangat beragam, sehingga memerlukan pemikiran yg kritikal bagi membangun argumentasi yg kuat. Dan yg paling utama memperlihatkan bahwa kalian anak Indonesia bisa bersaing dengan di tingkat Internasional,” tegasnya.

Alicia Sutandar, yg berhasil meraih peringkat Top 1 di kategori Writing menceritakan, dalam kategori ini yg dibutuhkan adalah persuasive writing.

“Kalau dalam debat harus meyakinkan pokok pikiran kami, begitu juga dalam tulisan. Saya sendiri memilih format creative writing yaitu membuat cerita daripada membuat format esai, sehingga kreativitas kami mampu tampil beda dibanding peserta-peserta lain,” ungkapnya.(tka)
Sumber:

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2421928/inspirasi-anak-indonesia-berprestasi

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text