free stats

Ini Solusi Ketahanan Pangan Dan Gizi Tercukupi

Bersamaan dengan acara diskusi ini, EWINDO juga melakukan peluncuran benih kacang hijau berkualitas varietas VIMA 1.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

EWINDO sebagai perusahaan benih sayuran yg dikenal dengan Cap Panah Merahhadir bagi menyediakan benih unggul berkualitas bagi petani kacang hijau sehingga para petani kacang hijau bisa meningkat produktivitas dan penghasilannya.

Managing Director EWINDO Glenn Pardede mengatakan, peluncuran benih ini sebagai upaya bagi meningkatkan produksi kacang hijau yg sejalan dengan agenda peningkatan ketahanan pangan dan gizi nasional Pemerintah Indonesia.

Untuk tahap awal, EWINDO menargetkan penjualan sebesar 60 ton di 2019. Diharapkan dalam 5 tahun ke depan EWINDO mampu memproduksi dan menjual benih kacang hijau sebanyak 1.800 ton di 2023, yg yaitu 30 persen dari kebutuhan benih nasional.

Benih kacang hijau varietas VIMA 1, yaitu hasil seleksi dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (BALITKABI) yg dikukuhkan melalui MoU antara EWINDO dan Badan Litbang Kementerian Pertanian. Menurut Dr. Rudi Iswanto, sebagai pemulia kacang hijau di BALITKABI, Varietas VIMA 1 memiliki keunggulan di antaranya umur genjah, panen serempak, dan potensi hasil yg tinggi mencapai 1,76 ton/ha.

Di samping itu, varietas ini juga memiliki ketahanan terhadap penyakit embun tepung yg pada umumnya merugikan petani di masa tanamnya.

“Sebagai satu-satunya perusahaan produsen benih kacang hijau, kalian berharap mendapatkan dukungan dari seluruh pemangkukepentingan dalam hal peningkatan produktivitas dan pendapatan petani kacang hijau di Indonesia melalui penggunaan benih kacang hijau berkualitas,” ujar Glenn Pardede.(tka)
Sumber:

https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2490477/ini-solusi-ketahanan-pangan-dan-gizi-tercukupi