Ini Sebab Masalah Kesehatan Gigi Di Daerah Tinggi

Posted on

category

Kalimantan – Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun sebagian masyarakat Indonesia di dua daerah masih memiliki tingkat kesadaran yg kurang.

Kemudian, pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yg tergolong rendah. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional tahun 2013 memamerkan angka karies gigi (DMF-T) rata-rata di Kalimantan Barat (Kalbar) adalah 6,2 persen yg berarti dari 28 gigi yg dimiliki oleh masyarakat Kalbar rata-rata 6 gigi di antaranya bermasalah. Keadaan ini diperparah dengan jumlah tenaga kesehatan yg jauh dari komposisi ideal.

Berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2013 di Kalbar jumlah dokter gigi cuma 166 orang. Fakta-fakta memprihatinkan tersebut mendorong Formula, sebagai merek perawatan gigi asli Indonesia, berkomitmen bagi menolong mengatasi permasalahan gigi masyarakat Indonesia melalui program Formula bagi Indonesia yang bekerja sama dengan sejumlah pihak.

Pada kesempatan kali ini Formula menggandeng FKG Trisakti, dan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada tanggal 20-26 Agustus 2017.

Selama melayani masyarakat Indonesia, menemukan banyak permasalahan dalam perawatan gigi dan mulut. Selain kesadaran dan tingkat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut yg masih rendah, ternyata kemajemukan budaya dan kebiasaan masing-masing daerah mampu juga menjadi pangkal permasalahan.

Misalnya saja kebiasaan masyarakat Palembang mengonsumsi makanan yg mengandung asam dan cuka, yg berakibat pada rentannya mereka mengalami pengeroposan gigi. Bahkan di salah sesuatu wilayah di Malang, Formula menemukan fakta dimana masyarakatnya memakai sesuatu sikat gigi bersama-sama.