Ini Pertemuan Ratusan Pemuda Antar Negara

Posted on

Jakarta – Kementerian Kesehatan RI mulai menyelenggarakan Youth Town Hall pada 20-21 Maret 2019.

Youth Town Hall adalah sebuah platform konsultasi, partisipatif antara pemangku kepentingan terkait dan kelompok pemuda buat bertukar masukan dan rekomendasi tentang bagaimana meningkatkan kolaborasi dan keterlibatan kelompok pemuda dalam kesehatan dan kesejahteraan kalangan remaja.

Youth Town Hall buat wilayah EMRO (Eastern Mediteranian Regional Office) pertama sudah diselenggarakan di Kairo, Mesir pada tanggal 4 Desember 2018 dan sudah berhasil melibatkan lebih dari 100 pemimpin muda dari wilayah EMRO. Untuk SEAR, acara ini pertama kali diadakan di Indonesia.

Dari 11 negara SEAR, 10 negara SEAR mulai hadir. Hanya Korea Utara yg tak mengirimkan delegasinya.

Youth Town Hall bertujuan di antaranya bagi memahami prioritas kebutuhan kesehatan yg dirasakan kaum muda, dan memahami harapan kaum muda dari berbagai sudut pandang, termasuk kaum muda dari komunitas yg rentan dan terpinggirkan.

Secara khusus, meeting bertujuan bagi memfasilitasi dialog, mendorong umpan balik, menyuarakan beragam perspektif, dan mendiskusikan cara-cara buat mengatasi keterlibatan pemuda dalam persoalan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Kaum muda ketika ini memiliki kesempatan buat menjadikan tujuan mencapai bonus demografi menjadi kenyataan.

Kaum muda yaitu bagian terbesar dari populasi di negara-negara berkembang, seperti yg juga terjadi di wilayah Asia Tenggara (South-East Asia Region/SEAR).

Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kemenkes RI Acep Somantri, SIP, MBA menyampaikan bonus demografi mulai memberikan impact tak baik seandainya tak dikelola dengan baik. Karenanya kaum muda sangat berperan utama dalam hal ini.