Ini Dua Faktor Penyebab Banyaknya Truk ODOL

Posted on

JAKARTA, – Belakangan ini, sedang marak kecelakaan yg disebabkan oleh truk. Salah sesuatu penyebabnya adalah karena truk tersebut melebihi muatan dan dimensi yg telah ditentukan. Truk seperti itu lebih dikenal dengan ODOL (Over Dimension Overload)

Kyatmaja Lookman, Wakil Ketua Umum Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia), menjelaskan bahwa dapat ada beberapa faktor mengapa banyak truk ODOL sekarang ini, yakni harga satuan dan kemacetan.

Baca juga: Tanggapan Pebisnis Soal Aturan Truk ODOL

“Kalau selama satuan angkutannya per kilo atau per kubik. Maka yg terjadi seperti itu, pengusaha-pengusaha mulai mengangkut sebanyak-banyaknya,” ujar Kyatmaja, ketika dihubungi , Sabtu (7/9/2019).

Penindakan terhadap truk overload dan overdimensi di Tol Surabaya-Gempol, Jawa Timur, Rabu (25/4/2018).Jasa Marga Penindakan terhadap truk overload dan overdimensi di Tol Surabaya-Gempol, Jawa Timur, Rabu (25/4/2018).

Menurut Kyatmaja, harga satuan itu tak pernah naik, tetapi beban biayanya naik terus. Seperti truk naik sepuluh persen per tahun, suku cadang naik mengikuti inflasi.

“Ditambah lagi kemacetan, selalu ritase berkurang karena macet. Itu kan harus ada yg mengkompensasi, akhirnya banyak yg melakukan muatan lebih,” kata Kyatmaja.