free stats

Ini Cara Jelaskan Menstruasi Ke Anak

Jakarta – Menstruasi adalah suatu proses alamiah yg biasa terjadi pada remaja perempuan.

Sebagian besar anak perempuan saat beranjak menuju usia puber merasa takut dan bingung ketika pertama kali mengalami menstruasi.

Padahal, rasa takut yg muncul dapat dicegah seandainya telah ada penjelasan yg baik dari orangtua. Memang, menjelaskan masalah ini bukan hal
mudah, tapi mampu dikerjakan dengan aman dan nyaman.

Lantas bagaimana cara orangtua memberikan pengertian tentang menstruasi kepada anak? Seperti yg dikutip dari siaran pers, Kamis, (06/12/2018), berikut adalah tips dari Nirina Zubir yg memerankan Emak dalam film Keluarga Cemara yg mulai tayang 3 Januari 2019 dalam menjelaskan menstruasi pada anak.

1. Sesuaikan dengan usia

Melakukan diskusi dan penjelasan dengan usia serta pengetahuan anak.
Misalnya ketika anak memasuki usia 7-8 tahun tak sengaja menemukan pembalut di dalam lemari, jelaskan bahwa Anda memakai pembalut tersebut ketika sedang menstruasi.

Pada usia ini, mungkin Anda perlu bagi membatasi jawaban yg diberikan kepada anak seandainya anak tak bertanya terlalu mendalam.

Namun, seiring bertambahnya usia, Anda mampu menjelaskannya secara spesifik hal-hal yg lebih rumit.

“Aku kasih tahu telah dari sedini mungkin, kek anakku nih mungki dia usianya jauh dari menstruasi, tetapi saya telah kasih tahu sama dia jadi kalau saya telah duluan dapet saya kasih tahu,” ungkap Nirina.