Google Kini Bisa Diperintah Dengan Bahasa Jawa Dan Sunda

Posted on

title

Google voice input, yakni fitur memberi perintah dengan suara pengguna, kini dapat mengenali bahasa Jawa dan Sunda. Pengguna cukup memberi perintah dengan kedua bahasa daerah tersebut bagi diterjemahkan menjadi teks.

Google bekerja sama dengan sejumlah universitas, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, serta Universitas Pendidikan Indonesia buat membuatnya. Saat ini ada tiga aplikasi yg mampu memanfaatkan kemampuan baru Google voice input, yakni Google Board (aplikasi keyboard di Android), Google App, dan Google Translate, baik di platform Android maupun iOS yg mendukung.

“Agar internet semakin inklusif dan berguna buat banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi,” ujar Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch sebagaimana disampaiakan dalam informasi resminya pada Tekno, Kamis (14/9/2017).

“Hal ini sangat relevan di Indonesia seiring meningkatnya jumlah pengguna Internet. Maka kita selalu berusaha buat launching berbagai produk dan fitur yg mulai memudahkan penutur bahasa-bahasa di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia buat mampu menemukan keterangan yg mereka butuhkan, kapan saja, di mana saja,” imbuhnya.

Baca: Ponsel Android Bakal Mengerti Bahasa Jawa