Galaxy Note 8 Punya Dual OIS, Apa Gunanya?

Posted on

category

JAKARTA, – Samsung tidak tanggung-tanggung dalam membuat fitur bagi kamera Galaxy Note 8. Mereka memasukkan dual optical image stabilizer (OIS) ke dalam kamera ganda smartphone tersebut.

Seperti diketahui, OIS biasanya ada di kamera DSLR atau mirrorless dengan tujuan meredam guncangan yg membuat gambar jadi buram.

Namun pada perkara Samsung, fitur tersebut digandakan dan disematkan ke dalam kedua kamera Galaxy Note 8. Lalu apa gunanya?

Pemerhati gadget, Lucky Sebastian dan vlogger Ario Pratomo, ketika sesi diskusi dengan media tentang Galaxy Note 8, menceritakan sejumlah kegunaan fitur tersebut.

Baca: Ini Dia Harga Galaxy Note 8 di Indonesia

Lucky menyampaikan bahwa OIS di Galaxy Note 8 memang milik fungsi serupa dengan OIS di kamera pada umumnya, yakni bagi meredam getaran tangan pengguna sehingga gambar video atau foto mampu tetap kelihatan stabil.

OIS yaitu salah sesuatu fitur yg sangat sulit disematkan ke dalam kamera smartphone. Pasalnya, bagi membuatnya vendor mesti merancang sistem motor dan kecepatan geraknya, agar dapat menetralkan guncangan tangan.

“Misalnya ketika merekam atau memotret, tangan goyang ke kanan, maka OIS mulai merespon. Motornya bergerak ke arah kiri dengan cepat supaya posisi stabil,” terangnya.