free stats

Festival Sate Klatak Digelar Di Bantul

YOGYAKARTA, – Sate yaitu makanan khas Indonesia. Beragam sate bisa ditemukan di berbagai kota. Satu yg khas di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta adalah sate Klatak yg banyak dijumpai di setiap sudut bumi Projotamansari ini.

Sate klatak berbeda dengan sate pada umumnya. Tusukan yg dipakai bagi memanggang dan membakar terbuat dari besi tak seperti sate lainnya yg menggunakan tusukan bambu.

Selain itu, bumbu yg digunakan cuma sederhana yakni bawang putih dan garam. Untuk menyantapnya memakai kuah gulai sehingga ditemukan sensasi berbeda saat menyantapnya.

Baca juga: Sate Klatak Pak Bari, Hhmm… Daging Kambing yg Empuk

“Rasanya gurih, ditambah rasa kuah gulai dipadu dengan nasi putih, tak dapat diungkapkan kenikmatannya,” kata Jati salah seorang warga Klaten yg berkunjung ke Festival Sate Klatak di Pantai Parngkusumo Bantul, Minggu (18/11/2018).

“Daging kambingnya mulai lebih terasa berbeda seandainya disate klatak seperti ini,” imbuh dia.

Untuk lebih mengenalkan sate klatak, Pemkab Bantul menggelar pertama kali Festival Sate Klatak di Pantai Parangkusumo, di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Minggu (18/11/2018). Festival ini diharapkan mendorong sate klatak menjadi ikon kuliner khas Bantul.

“Dunia luar tak cuma nusantara tapi internasional harapannya bisa mengenali dan semakin terkenal sate klatak ini dari Bantul,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.

Tags: