Drone Siap Tanggulangi Penangkapan Ikan Ilegal

Posted on

London – Drone yang dipandu oleh teknologi kecerdasan buatan buat menangkap perahu-perahu yg menjaring ikan di daerah terlarang menjadi salah sesuatu pemenang penghargaan perlindungan kelautan yg digelar The National Geographic Society.

Dalam waktu tak terlalu lama lagi, drone tersebut kemungkinan bisa dioperasikan bagi menanggulangi penangkapan ikan ilegal.

Mengutip VOA News, proyek pemenang penghargaan ini bertujuan bagi mendukung otoritas memburu kapal-kapal penangkap ikan ilegal dengan memanfaatkan drone yang dilengkapi kamera buat memantau kawasan lautan yg luas.

Penangkapan ikan secara ilegal dan penangkapan ikan berlebihan sudah membuat persediaan ikan menurun di semua dunia, yg menyebabkan kerugian yg mencapai miliaran dollar AS per tahun dan mengancam mata pencaharian masyarakat desa pesisir, menurut PBB.

The National Geographic Society menganugerahkan penghargaan kepada proyek itu, yg dikembangkan bersama oleh ATLAN Space yg berpusat di Maroko, dan beberapa inovasi lainnya senilai US$150.000 bagi masing-masing pemenang guna mengimplementasikan rencana mereka sejalan dengan peringatan Hari Samudra Dunia pada minggu lalu.

Drone ini bisa mencapai jarak 700 kilometer dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) bagi menolong mereka melacak kapal-kapal penangkap ikan, ujar pelopor ATLAN Space, Badr Idrissi.