Djarot: Saya Tanya Pak Wali Berapa Tahun Danau Tidak Dibersihkan? Enggak Bisa Jawab Dia

Posted on

JAKARTA, Danau di Taman Situ Lembang tadinya dipenuhi dengan sedimen lumpur. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede bahkan tak tahu kapan terakhir kali danau itu dibersihkan.

“Setelah mampu laporan dari Pak Wali, aku tanya Situ Lembang ini berapa tahun enggak dibersihkan? Enggak mampu jawab dia. Kata dia ‘sejak aku kecil kayaknya’. Artinya telah puluhan tahun sedimen itu tak dikeruk,” ujar Djarot di Taman Situ Lembang, Sabtu (7/10/2017).

Dia segera menyuruh Mangara buat menguruk danau itu. Awalnya, Mangara sempat bingung karena program ini tak ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Djarot pun meminta agar pembersihan danau itu dikerjakan secara gotong royong saja. Artinya segala dinas saling menolong bagi mengeruk sedimen dari danau itu.

Baca: Ikan Koi Milik Ahok dan Djarot Disumbangkan ke Taman Situ Lembang

Djarot ingin dana di Taman Situ Lembang menjadi percontohan. Dia ingin seluruh jajaran SKPD memeriksa kebersihan situ atau danau yg ada di wilayah masing-masing. Sedimen di tiap danau harus dikeruk agar kualitas airnya baik.