free stats

Cegah Diabetes Dengan Lebih Cermat

Jakarta -Peningkatan Diabetes Melitus (DM) tipe-2 dipengaruhi oleh obesitas, pencegahan dikerjakan dengan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini dapat dikerjakan dengan lebih cermat dan simple.

Kuncinya adalah bagaimana masyarakat mampu patuh buat menerapkan gaya hidup sehat. Menurut DR. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada dua cara agar terhindar dari diabetes. Ini mampu dikerjakan setiap hari dengan cara mendeteksi kesehatan sejak dini.

1. Mempertahankan berat badan ideal

“Jika anak memiliki berat badan berlebih, maka upayakan bagi menguranginya sekitar 5-10 persen buat mengurangi risiko. Diet kalori dan rendah lemak sangat dianjurkan sebagai cara terbaik menurunkan berat badan dan mencegah DM tipe-2,” ujar Aman ketika ditemui di acara yg digelar Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian KesehatanRI dalam rangka media briefing Anak Juga Bisa Diabetes, Jakarta, Rabu, (31/10/2018).

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Dengan mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur setiap hari, maka risiko DM tipe-2 mampu berkurang. “Setidaknya, dalam sehari ada lima kali konsumsi buah dan sayur,’ tambah Aman.