Cara Pemprov DKI Paksa Semua Rumah Sakit Bermitra Dengan BPJS

Posted on

category

JAKARTA, – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai segala rumah sakit harus melayani pasien gawat darurat sampai stabil. Dia memastikan mulai ada sanksi untuk rumah sakit yg menolak pasien karena tak mampu membayar uang muka.

Pernyataan Djarot itu disampaikan menyusul mencuatnya masalah bayi Tiara Debora yg meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga Kalideres pada 3 September 2017. Bayi itu meninggal setelah pihak rumah sakit menolak merawatnya di ruang PICU (pediatric intensive care unit) sebelum pihak keluarga membayar uang muka perawatan sebesar Rp 19,8 juta.

“Kalau RS tipe C dan B non-pendidikan, itu izinnya ada di Pemprov dan kalian juga ada Badan Pengawas Rumah Sakit. Kalau ada kayak begitu (tolak pasien), paling tak sanksi peringatan 1 dan 2,” ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/9/2017).

Djarot menyampaikan tugas seorang dokter adalah membantu pasien. Tidak seharusnya rumah sakit menunda penanganan medis yg mendesak karena persoalan biaya. Jika hal itu terjadi hingga memakan korban jiwa, izin operasional rumah sakit mampu dicabut.

“Sama saja mereka telantarkan pasien, sedangkan misi penting rumah sakit adalah membantu jiwa pasien dan menyelamatkan pasien,” kata Djarot.

Target 2019

Biaya perawatan di rumah sakit tak lepas dari BPJS Kesehatan yg banyak dimiliki warga. Kejadian meminta uang muka sebelum penanganan medis biasanya terjadi pada rumah sakit yg belum bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Di rumah sakit itu, pasien tak mampu memakai BPJS bagi membayar biaya pengobatan. Data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta ketika ini, rumah sakit di Jakarta yg telah bermitra dengan BPJS ada 91 dari 187 rumah sakit punya pemerintahan maupun swasta. Khusus RS swasta, yg belum bermitra dengan BPJS baru 64 dari 160 rumah sakit.

Pada 2019, Djarot ingin seluruh rumah sakit telah bermitra dengan BPJS karena Pemprov DKI mulai menerapkan universal health coverage. Cara pemprov mendorong rumah sakit swasta agar bekerjasama dengan BPJS adalah dengan menjadikan itu sebagai salah sesuatu syarat buat memperpanjang izin dan akreditasinya.