Bulan Ramadhan Di Gresik, Ada Kontes Bandeng

Posted on

Sementara Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menjelaskan, buat kontes bandeng tahun ini direncanakan bakal dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2019 di mana pada tanggal 1 dan 2 Juni 2019 mulai dilaksanakan pasar bandeng tradisional.

Kontes bandeng yaitu pembukaan dari pasar bandeng tradisional yg mulai dilaksanakan selama beberapa hari, sesudah acara kontes. Kami berharap, agar kegiatan tahunan menjelang Idul Fitri ini mampu memberikan kebahagiaan kepada segala masyarakat Gresik,” kata Qosim.

Menurut rencana awal, bakal ada sebanyak 1.094 Usaha Kecil Menengah (UKM) yg bersiap meramaikan agenda kontes dan pasar bandeng tradisional nantinya. Mereka mulai membuka lapaknya di jalan yg telah disiapkan oleh Pemkab Gresik, akan dari Jalan Raya Gubernur Suryo, Jalan Samanhudi hingga Jalan HOS Cokroaminoto.

“Untuk lapak penjual bandeng mulai berada di depan pasar Kota Gresik. Sampai hari ini, telah ada 73 pedagang bandeng yg bersedia mulai ikut meramaikan,” tutur dia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno menambahkan, panggung acara bagi kontes bandeng nantinya telah disepakati berada di pertigaan Jalan Raya Basuki Rahmat, Jalan HOS Cokroaminoto, dan Jalan Raden Santri, lokasi sama seperti yg digunakan oleh penyelenggaraan acara serupa pada tahun lalu.

Sutrisno berharap, dengan adanya kontes dan pasar bandeng tradisional yg diadakan rutin setiap tahun ini masyarakat Gresik semakin gemar makan ikan.

Pasalnya, potensi perikanan di Gresik sangat tinggi mencapai 32.000 hektar tambak budidaya ikan, dengan produksi ikan pada tahun 2018 sebesar 129.000 ton. Adapun produksi ikan tangkap mencapai 24.000 ton, dengan total produksi tahun 2018 sebesar 153.000 ton.

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2019/05/15/071600727/bulan-ramadhan-di-gresik-ada-kontes-bandeng