Bulan Ramadhan Di Gresik, Ada Kontes Bandeng

Posted on

GRESIK, – Satu lagi kegiatan di Bulan Ramadhan yg cuma ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Yakni, kontes bagi memilih ikan bandeng paling besar punya petambak yg ada di Kota Santri. Biasanya kontes lebih lalu digelar, baru menyusul pasar bandeng tradisional.

Meski demikian, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Gresik Choirul Anam mengatakan, ketika ini pihaknya telah menerima tiga orang petambak yg mendaftar menjadi peserta dalam ajang sesuatu tahunan tersebut. Dua petambak berasal dari wilayah Mengare yg ada di Kecamatan Bungah, dan sesuatu lainnya berasal dari Kecamatan Ujungpangkah.

“Kami mulai melihat segera kelayakan bandeng yg mulai diikutkan kontes serta habitat tambaknya. Hal ini penting, jangan sampai nanti ada bandeng peserta kontes yg bukan berasal dari Gresik,” ujar Anam, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Singgah di Wilayah Gresik Utara, Jangan Lupa Nikmati Sate Lowayu

Dalam aturan kontes yg telah ditetapkan dalam setiap edisi, panitia memang sengaja cuma memperbolehkan ikan bandeng yg dipelihara di wilayah Kabupaten Gresik saja. Petambak boleh berasal dari luar kota, namun bandeng harus tetap dibudidayakan di Gresik.

“Kami optimis, dua hari ke depan mulai banyak lagi petambak Gresik yg ikut mendaftar,” ucap dia.