Awas, Ratusan Aplikasi Android Ini Terjangkit “Virus Iklan”

Posted on

Baca juga: “Cabir”, Virus Pertama Smartphone Ditemukan 14 Tahun Lalu

Ketika pengguna sudah mengunduh dan memasang aplikasi yg terjangkit SimBad pada ponselnya, aplikasi tersebut mulai mengirimkan sinyal ke server pengontrol adware.

Ilustrasi langkah-langkah serangan adware di ponselCheckPoint Ilustrasi langkah-langkah serangan adware di ponsel

Setelah adware terpasang, orang di balik panggung yg mengontrol server tersebut dapat melakukan hal-hal yg tak diinginkan ke ponsel pengguna.

Misalnya, “memaksa” pengguna bagi membuka link situs adware/phishing atau penipuan di peramban ponsel serta mengalihkan (redirect) pengguna ke Play Store buat membuka aplikasi berbahaya yg sudah diatur oleh pelaku yg menanam adware itu.

Baca juga: 13 Game Balap di Play Store Ini Terinfeksi Malware

Aplikasi yg disusuip adware SimBad juga dapat mengunduh dan memasang aplikasi “remote”, yakni aplikasi berbahaya buat mengendalikan smartphone pengguna dari jauh tanpa diketahui.

Buang buat mencegah

Untuk mencegah aplikasi yg terjangkit SimBad ini berjalan di ponsel, pengguna  mampu membuang (uninstall) aplikasi yg bersangkutan.

Pengguna juga dapat memperhatikan perilaku aplikasi yg berjalan di ponsel. Jika saat membuka aplikasi pengguna disodorkan oleh banyak iklan, atau dialihkan ke sebuah situs melalui peramban secara paksa, aplikasi tersebut patut dicurigai.

Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi antivirus buat mencegah aplikasi berbahaya yg mengandung adware atau program jahat lain.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/15/07080077/awas-ratusan-aplikasi-android-ini-terjangkit-virus-iklan