ASUS Rilis Perangkat Health Tracker VivoWatch BP

Posted on

Taipei – Perusahaan teknologi yang berasal Taiwan, ASUS, baru saja launching VivoWatch BP. Satu hal yg menarik, perangkat wearable ini bisa menghitung tekanan darah penggunanya.

ASUS Global PC and Phone Marketing Senior Director Marcel Campos menyebutkan bahwa VivoWatch BP bukanlah sekadar smartwatch atau fitness tracker. “VivoWatch BP lebih dari itu, karena perangkat ini adalah sebuah health tracker,” katanya.

ASUS melengkapi VivoWatch BP dengan beberapa sensor, merupakan sensor electrokardiogram (ECG) dan sensor photoplethysmography (PPG), yg sama-sama berfungsi memonitor aktivitas jantung. Hanya saja, keduanya memiliki cara yg berbeda.

Sensor ECG memonitor aktivitas jantung melalui sinyal listrik yg dikirimkan oleh jantung, sedangkan sensor PPG yaitu teknologi berbasis cahaya buat mendeteksi aliran darah yg dipompa dari jantung ke titik dimana sensor berada, yakni di pergelangan tangan penggunanya.

ASUS menyebut alasan mereka memasang beberapa sensor pada VivoWatch BP adalah buat meningkatkan akurasi data yg diambil oleh perangkat wearable ini.

Campos menjelaskan, seandainya dibandingkan dengan monitor tekanan darah yg ada sekarang, VivoWatch BP 70 persen lebih kecil dan 50 persen lebih ringan. Selain itu, perangkat ini juga mampu menghitung tekanan darah pengguna cuma dalam waktu 15 detik.