Apple Resmi Perkenalkan IOS 12, Seperti Apa?

Posted on

San Jose – Apple resmi memperkenalkan sistem operasi iOS terbaru, yakni iOS 12, di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018 yg digelar di San Jose, California, AS. Sejumlah pembaruan disertakan Apple pada sistem operasi mobile teranyar ini.

Melalui iOS 12, Apple menjanjikan perbaikan performa dan kecepatan pada perangkat iPhone dan iPad generasi tua alias jadul.

Apple SVP of Software Engineering Craig Federighi mengungkapkan, perangkat lunak baru ini mulai meningkatkan kinerja pada gadget Apple yg lebih berumur. Kinerja iOS 12 diklaim mulai 40 persen lebih cepat.

“Selain aplikasi yg lebih cepat meluncur sekitar 40 persen, lainnya yg mulai lebih terasa ngebut adalah ketika membuka keyboard dan kamera. Keyboard mulai terbuka 50 persen lebih cepat, sementara kamera 70 persen,” ungkapnya seperti dilansir Mirror.

Selain dua urusan yg lebih cepat, Federighi juga menjabarkan bahwa iOS 12 membawa serta peningkatan kinerja di perangkat yg lebih tua. Artinya, iOS 12 mampu pula dirasakan bukan cuma perangkat iPhone dan iPad terbaru saja.

iOS 12 juga berisi kemampuan pencarian yg lebih baik buat dokumen yg tersimpan, seperti mencari foto pada aplikasi Photos punya Apple dan lebih banyak kemajuan dalam augmented reality (AR).

Ada juga dua peningkatan pada Siri, asisten suara Apple. Fitur baru yg disebut pintasan alias shortcut itu memungkinkan aplikasi pihak ketiga mengakses dan memakai Siri.

Contoh yg ditampilkan di atas panggung memakai Siri bagi menyampaikan ‘Saya sudah kehilangan kunci saya’. Kemudian Siri mulai mengaktifkan pelacak Bluetooth Tile yg terhubung melekat pada kunci mobil penggunanya dan menemukannya.

Lainnya ada juga aplikasi baru yg cukup menarik, yakni Screen Time. Aplikasi tersebut dapat menunjukkan seberapa banyak kami memakai iPhone. Selain itu ada App Limits buat mengatur waktu penggunaan sebuah aplikasi.