free stats

Apple Resmi Luncurkan IPhone XS, XS Max, Dan XR

Cupertino – Apple resmi launching tiga model iPhone terbarunya dalam sebuah acara yg digelar di auditorium Steve Jobs Theater, Apple Park, Cupertino, California, AS, Rabu waktu setempat (12/9/2018) atau Kamis dini hari WIB (13/9/2018).

Ketiganya adalah iPhone XS (dibaca: iPhone Ten S), iPhone XS Max (iPhone Ten S Max), dan iPhone XR (iPhone Ten R), yg kesemuanya mengusung desain layar ‘notch’ alias berponi.

Bisa dibilang, iPhone XS dan iPhone XS Max yaitu suksesor dari iPhone X, sedangkan iPhone XR adalah penerus dari iPhone 8 Plus yg rilis tahun lalu.

iPhone XS dan iPhone XS Max

Dari video yg ditampilkan dalam acara peluncuran, iPhone XS dan iPhone XS Max tampak elegan dengan balutan stainless steel kokoh atau diistilahkan ‘surgical-grade’. Bagian depannya dibalut kaca yg diklaim paling tahan banting dibandingkan seluruh smartphone di pasaran ketika ini.

Tersedia dalam tiga warna, yakni emas, silver, dan abu-abu, iPhone XS dan iPhone XS Max sudah mengantongi sertifikasi tahan debu dan air IP68, atau meningkat dari seri sebelumnya yg mengusung sertifikasi IP67.

Baca juga: Apple Watch Series 4 Usung Desain dan Fitur Baru

“Artinya pengguna dapat membenamkannya ke dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit. Selain itu, kita juga sudah mengetes dalam berbagai macam cairan, seperti jus jeruk, wine, bahkan bir,” kata Philip W. Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing at Apple Inc, dalam presentasinya di atas panggung peluncuran.

iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung desain bezel-less seperti iPhone X, tapi yg membedakan adalah ukuran layar.

iPhone XS berukuran layar 5,8 inci beresolusi 2436×1125 piksel, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar lebih besar dengan ukuran 6,5 inci beresolusi 2688×1242 piksel.

Kualitas layarnya sama-sama kelas wahid dengan memakai display Super Retina berjenis OLED dengan tingkat kerapatan piksel 458 ppi yg telah dibekali dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10.

Selain soal visual, aspek audio juga dipikirkan secara matang. iPhone XS dan iPhone XS Max menggunakan teknologi speaker stereo, sehingga tidak perlu lagi menghubungkan perangkat dengan speaker portabel.

Dari segi performa, iPhone XS dan iPhone XS Max meningkat signifikan dengan mengandalkan prosesor A12 Bionic. Prosesor tersebut adalah yg pertama memakai chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Jika dijabarkan, dalam sesuatu prosesor terdapat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Tiap core CPU pada A12 Bionic diklaim bisa menjalankan program 15 persen lebih cepat dan 40 persen efisiensi energi lebih baik ketimbang pendahulunya A11 yg ada di iPhone X, sementara GPU-nya 50 persen lebih baik.

Sementara, Neural Engine pada A12 Bionic memiliki delapan inti yg didedikasikan bagi Machine Learning. “Ini adalah chipset prosesor paling pintar dan paling kuat di smartphone,” ujar Schiller.

Machine Learning pada A12 Bionic membawa fitur baru dalam kamera, merupakan Real Time Machine Learning bagi Animoji ketika Face Time dan juga Animoji yg mampu dibuat sesuai dengan pengguna.

A12 Bionic juga mendukung Augmented Reality (AR) membawa ARKit 2 dan AR Quick Look. Tak cuma itu, kemampuan ini membuat Apple bekerja sama dengan sejumlah studio game, antara yang lain Bethesda Game Studio, A7 Nex Team dan Directive Games buat menghadirkan pengalaman bermain game yg lebih baik.

Beralih ke sektor kamera, iPhone XS dan iPhone XS Max dibekali beberapa kamera ganda bagian belakang dengan konfigurasi 12MP wide-angle camera (1.4 mikron piksel dengan bukaan f/1.8) dan 12MP telephoto camera (bukaan f/2.4 dengan 2x optical zoom), yg diperkuat dengan True Tone flash.