Apakah Teh Celup Mahal Pasti Berkualitas Tinggi?

Posted on

JAKARTA, – Dalam teh, ada beberapa model teh yg biasa dikonsumsi merupakan teh celup atau daun teh yg dimasukan ke dalam kantung tertentu dan dicelup ke air. Satu lagi adalah whole leaf tea atau loose leaf tea atau teh daun.

Teh daun dipandang lebih berkualitas daripada teh celup yg mengutamakan kepraktisan dibanding kualitas. Namun, berbagai merek teh kini menjual teh celup dengan harga yg lebih mahal daripada teh celup yg biasa dikenal orang Indonesia sehari-hari. Apakah teh celup dengan harga mahal berarti daun tehnya berkualitas?

“Mahal tak dapat jadi ukuran, karena (mahalnya) itu di brand (merek),” kata Ratna Somantri ketika ditemui di Jakarta, Senin (29/1/2018). Ratna yaitu seorang konsultan teh, certified tea specialist, tea sommelier, dan penulis buku “Kisah & Khasiat Teh” dan “The Story in A Cup of Tea”, dan salah sesuatu pelopor www.pasarteh.com.

(Baca juga : Menyeduh Teh Celup Ternyata Ada Triknya…)

Ratna menjelaskan ada berbagai macam teh celup berdasarkan kantungnya, misalnya single chamber, double chamber, piramida, dan envelope. Untuk single chamber (satu ruang atau kantung) atau double chamber (dua ruang atau kantung), biasanya memakai kantung berbahan kertas.

Biasanya teh celup model single chamber, teh diseduh dengan air panas karena air masuk ke beberapa sisi. Sementara double chamber, teh mampu diseduh dengan air panas menuju hangat, karena air masuk ke empat sisi.    

“Orang pikir teh harus diseduh dengan air mendidih. Padahal tidak,” kata Ratna.

(Baca juga : Ini Uniknya Gyokuro, Salah Satu Teh Termahal Jepang)

Ratna menuturkan baik menyeduh teh celup maupun teh daun (loose tea), hal yg perlu diperhatikan adalah suhu air panas yg berbeda buat macam teh yg berbeda. Untuk teh hijau, lanjut Ratna, cukup menyeduh dengan air panas bersuhu 70-80 derajat Celsius. Sedangkan bagi teh hitam, gunakan air panas dengan suhu 90 derajat Celsius.

Sementara piramida adalah teh celup yg bentuk kantungnya seperti piramida. Bahannya terbuat dari kain nilon. Sedangkan model envelope biasanya seperti amplop dan terbuat dari kain katun atau nilon.