Android Go Resmi Dirilis Untuk Ponsel Spesifikasi Rendah

Posted on

Di ajang Google I/O 2017 yg digelar Mei lalu, Google memperkenalkan “ Android Go” sebagai konfigurasi dari sistem operasi Android 8.0 Oreo. Android Go dirancang bagi smartphone berspesifikasi rendah dengan harga murah.

Kini di akhir 2017, Google resmi launching Android Go, bertepatan dengan finalisasi Android Oreo 8.1. Para vendor smartphone telah mampu menyalurkan Android Go ke perangkat low-end dan Android Oreo 8.1 ke perangkat high-end buatan mereka.

Spesifikasi smartphone yg pas bagi OS Android Go menurut Google adalah smartphone yg memiliki RAM 1 GB atau kurang, memori terbatas, konektivitas belum mumpuni, dan CPU seadanya. Android Go diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat yg diistilahkan “Next Billion Users”, yakni mereka yg belum terpapar dunia maya sama sekali.

Jumlah mereka cukup besar, yakni setengah dari 7,6 miliar populasi manusia di dunia, atau sekitar 3,8 miliar jiwa. Salah sesuatu tantangan mereka bagi menjadi masyarakat online adalah akses ke smartphone yg masih terbatas karena harganya relatif mahal.

Baca: Fitur Baru Android Oreo Perpanjang Umur Baterai

Google ingin Android Go menolong mengembangkan ekosistem smartphone murah tapi mumpuni. Dengan begitu, pertumbuhan masyarakat online mulai semakin tinggi, sebagaimana dihimpun Tekno, Rabu (6/12/2017), dari ArsTechnica.