Anafiotika, Desa Mirip Santorini Di Tengah Kota Athena, Yunani

Posted on
Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu buat mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.DADA SABRA SATHILLA Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu bagi mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.

Apalagi buat yg belum sempat ke Santorini atau Mykonos, mengunjungi Anafiotika seakan memenuhi rasa penasaran mulai rumah-rumah imut di Santorini.

Meski sangat instagrammable, Anafiotika yaitu pemukiman asli penduduk Athena. Bukan kawasan yg sengaja dibangun demi menarik kunjungan turis. Penduduk Anafiotika sudah tinggal di kawasan ini sejak lama.

Mereka adalah orang-orang dari kepulauan Cyclades yg tiba ke Athena buat bekerja sebagai tukang bangunan proyek perbaikan istana raja Otto.

Karena tidak dapat membeli rumah di pusat kota Athena, akhirnya mereka membangun rumah di kaki bukit Akropolis yg tandus. Rumah dibangun dengan gaya arsitektur persis seperti di pulau.

Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu bagi mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.DADA SABRA SATHILLA Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu buat mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.

Menyusuri jalanan sempit di Anafitioka membuat aku merasa sedang traveling ke mini Santorini. Kalau mau berkunjung ke Anafiotika ada sesuatu aturan yg mesti dipatuhi turis, merupakan tidak boleh berisik karena mulai mengganggu penduduk yg mendiami Anafiotika.

Anafiotika terletak berdekatan dengan Plaka, sebuah kawasan tua bersejarah di Athena yg kini menjadi spot hang out favorit para turis dan warga Athena. Plaka dipenuhi oleh kafe dan restoran yg menyajikan makanan khas Yunani serta kopi turki.

Selain itu banyak pula deretan toko yg menjual oleh-oleh khas Yunani seperti buah zaitun, kosmetik zaitun, dan blue evil eye.

Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu bagi mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.DADA SABRA SATHILLA Turis yg mengunjungi Athena, Yunani, hampir terus menyempatkan waktu bagi mengintip keunikan Anafiotika di kaki bukit Akropolis. Rumah-rumah di Anafiotika umumnya berbentuk kubik, berukuran kecil, dengan hiasan bunga bougenville di sisi temboknya. Beberapa rumah diwarnai dengan warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.

Ada sedikit nuansa Turki yg terasa ketika aku menyusuri jalanan Plaka. Hal ini karena pada masa pemerintahan dinasti Ottoman Turki dulu, Plaka yaitu pusat pemerintahan Gubernur Turki yg bertugas di Athena.

Makanya gak heran kalau di Plaka, yg dulunya dijuluki sebagai “Turkish quarter of Athens” aku dapat menemukan berbagai cenderamata khas Turki seperti set teko teh turki. ( DADA SABRA SATHILLA)

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2019/02/06/110800027/anafiotika-desa-mirip-santorini-di-tengah-kota-athena-yunani